DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Sari, Diyah Novita
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-02-04 08:12:17 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-C sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa dan VIII-D sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 68,84 dan post-test 75,875 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pre-test 66,5 dan post-test 86 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan 5% untuk dk = 62 nilai ttabel = 1,99 dan thitung = 8,14, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk