DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dengan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Kurniawan, Reza Yusuf
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-04-06 10:44:51 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran STAD, 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio-visual, 3) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran STAD dan media pembelajaran berbasis audio-visual, 4) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD dengan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 287 siswa. Sedangkan sampel yang terpilih yaitu kelas VII-2 sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dkpenyebut = 29 dan DkPembilang = 2 diperoleh nilai Ftabel = 3,33 dan Fhitung = 24,401, maka Fhitung > Ftabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga Ada Pengaruh Model Pembelajaran STAD dengan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMPNegeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk