DETAIL DOCUMENT
. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Assessment For Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 1 Baron Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Mariana., Nofi Nur

Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-04-16 07:15:20 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Assessment For Learning , 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Assessment For Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Baron tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata post test kelas kontol 84,6 dan kelas eksperimen 88,9. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 61 nilai thitung = 2,06 dan ttabel = 1,99, maka thitung ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Assessment For Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Baron tahun ajaran 2019/2020”. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk