DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Dan Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Saputro, Wirawan Bagas
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-04-16 07:10:23 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar matematika dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ), 2) Mengetahui hasil belajar matematika dalam menggunakan media pembelajaran berbasis media audio-visual, 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media pembelajaran berbasis media audio visual terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 287 siswa. Sedangkan sampel yang terpilih yaitu kelas VII-3 sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dkpenyebut = 29 dan DkPembilang = 2 diperoleh nilai Ftabel = 3,33 dan Fhitung = 23,153 maka Fhitung > Ftabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga Ada Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk