Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana prestasi hasil
belajar sebelum menggunakan model pembelajaran konstruktivisme pada mata
pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mengetahui bagaimana prestasi
belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme pada mata
pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN
3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mengetahui apakah model pembelajaran Konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model konvensional
untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn Sumpah
Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan
dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020.
Populasi penelitian adalah kelas VIII sebanyak 32 siswa Pengambilan sempel
menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan
dokumentasi. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dean kelas kontrol.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian
ini adalah rumus uji t.
Hasil Penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional
menunjukkan nilai rata-rata pre test 74,437 sedangkan menggunakan model
pembelajaran konstruktivisme nilai rata-rata post test 79,218. Kemudian
disubtitusikan pada rumus t-test diperoleh thitung=6 taraf signifikan 5%
diperoleh nilai t tabel=2,04. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 6 >2,04.
Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti “Diterimaâ€. penggunaan model
pembelajaran konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model pembelajaran
konvensiaonal terhadap prestasi belajar pada materi kerjasama dalam berbagai
bidang kehidupan kelas VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020