Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PPKn sebelum menggunakan media pembelajaran pohon pintar siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PPKn setelah menggunakan media pembelajaran pohon pintar siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran pohon pintar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Group Design. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 335 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X-MIPA 1 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes.
Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 67 sebelum menggunakan media pohon pintar dan nilai rata-rata 79 setelah menggunakan media pohon pintar, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = nilai t_tabel = 2,021 dan t_hitung = 49,615 maka t_49,615 > t_2,021 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga “ada perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran pohon pintar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020â€.