DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dengan Diskusi Antar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Materi HAM Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Nganjuk Tahun 2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Hendramada, Refia Sri
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-07-13 09:19:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan diskusi antar kelompok terhadap prestasi belajar materi HAM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Desain pretes-postes satu kelompok (One Group Pretes Postes Design). Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Nganjuk, Jawa timur. Penelitian ini dilakukan selama 1 kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA1 (sampel jenuh) yaitu berjumlah 36 siswa. Kelas XI IPA 1 adalah kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dengan diskusi antar kelompok, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan analisis hipotesis data Pretes dan Postes yang dilakukan pada Diperoleh nilai Pretes 71.38 dan Postes 82.50. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan diskusi antar kelompok terhadap prestasi belajar materi HAM Siswa kelas XI IPA 1. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk