Abstract :
ANALISIS MINAT KONSUMEN TERHADAP JENIS (STYLE) VECTOR ART PADA JASA DESAIN ONLINE ALAMCREATIVE
ABSTRAK
Lina Maya Sari. Analisis Minat Konsumen Terhadap Jenis (Style) Vector Art Pada Jasa Desain
Online AlamCreative.Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis (style) desain Vector Art yang paling banyak diminati
di AlamCreative dan untuk mengetahui pengaruh minat konsumen terhadap desain vector art ditinjau dari
segi usia. Penelitian ini ditujukan untuk Jasa Desain Online AlamCreative agar lebih mudah menjangkau
konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Banyaknya pilihan style yang tersedia memungkinkan
konsumen dapat memilih style. Namun saat ini belum diketahui jenis (style) mana yang banyak diminati
oleh konsumen sehingga Jasa Desain Online AlamCreative kesulitan dalam mengembangkan jenis (style)
baru. Dari permasalahan berikut peneliti akan melakukan penelitian untuk mengetahui minat konsumen
terhadap jenis (style) vector art.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket (kuesioner). Pengambilan data dilakukan dengan
penyebaran angket kepada 30 responden dari kalangan usia remaja sebanyak 15 dan dari usia dewasa
sebanyak 15 responden.
Dan dari penyebaran angket diketahui hasil bahwa minat konsumen lebih banyak pada jenis (style)
vector art yaitu Nature Style, dengan presentase 90% serta dapat diketahui bahwa usia konsumen tidak
mempengaruhi minat terhadap desain vector art. Minat konsumen lebih dipengaruhi oleh selera masingmasing dalam seni.
Kata kunci: Desain Vector Art, jenis (style) vector art, minat konsumen
ABSTRACT
Lina Maya Sari. An Analysis of Consumer?s Interest Towards Vector Art Type (Style) in
AlamCreative.Scription Online Design Services. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020.
This research aims to determine the type (style) of Vector Art design that almost used in
AlamCreative and to determine the effect of consumer?s interest in vector art design viewed from their age.
This research is intended for AlamCreative Online Design Services for easier to reach the more consumers.
The large selection of styles available allows consumers to choose a style. However, commonly the type or
style which the consumer like almost is still unknown, so it makes the Online Design Services has difficulties
in developing new types (style). From the problems above, the researcher will conduct research to
determine consumer?s interest in the type (style) of vector art.
The Research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques using
observation, interviews and questionnaire. Data collection was carried out by distributing questionnaires
to 30 respondents from among teens as many as 15 and from adulthood as many as 15 respondents.
The result of the research, showed that by distributing the questionnaires it was known that the
consumers are more interested in the type (style) of vector art, namely Nature Style, with a percentage of
90% and it can be seen that the age of consumers did not affect interest in vector art design. So, it can be
conclude that consumer?s interest is more influenced by their own taste.
Keywords: Vector Art Design, type (style) vector art, consumer interest