DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN DIKSI DALAM KONTEN YOUTUBE SHERLY ANNAVITA RAHMI (KAJIAN SEMANTIK)
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DIANTHI, AL RIFA RAHAYU
Subject
P Philology. Linguistics 
Datestamp
2024-02-01 06:43:13 
Abstract :
ABSTRAK Al Rifa Rahayu Dianthi. PENGGUNAAN DIKSI DALAM KONTEN YOUTUBE SHERLY ANNAVITA RAHMI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan tentang pemilihan diksi yang digunakan dalam konten YouTube Sherly Annavita Rahmi, yang meliputi pemilihan diksi menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab ditinjau dari pendekatan semantik. 2) menjelaskan tentang diksi yang digunakan merujuk pada jenis makna idiom dan makna istilah. 3) menjelaskan struktur makna wicara berdasarkan kajian semantik terhadap penggunaan diksi tersebut. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah channel YouTube Sherly Annavita Rahmi, dan data dalam penelitian adalah berwujud kata-kata, kalimat, maupun ucapan yang disampaikan Sherly Annavita Rahmi dalam konten YouTube miliknya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dilanjutkan dengan beberapa tekniknya, antara lain: teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode padan intralingual. Adapun teknik pemaparan hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan: pertama, dalam konten YouTube Sherly Annavita Rahmi diperoleh dua penggunaan diksi, yaitu diksi yang menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Kedua, diksi yang ditemukan berdasarkan pada pendekatan semantik, yakni merujuk pada jenis makna idiom dan makna istilah. Adapun diksi yang merujuk pada makna idiom sebagian besar dibangun oleh dua unsur kata, akan tetapi dua unsur kata tersebut membentuk makna baru yang tidak ada kaitannya dengan bentuk lingual yang membangun. Diksi yang merujuk pada makna idiom dibangun oleh beberapa jenis kata, seperti kata benda (KB), kata kerja (KK), kata sifat (KS), dan kata keterangan (KKet). Sedangkan diksi yang merujuk pada makna istilah, dibangun berdasarkan jenis kata yang memiliki arti, padanan, atau sebutan yang lain, meliputi: marketing berarti pemasaran, enterpreneur berarti pengusaha, chit-chat berarti basa-basi, fauna berarti dunia binatang, predator berarti binatang pemburu mangsa, dan sebagainya. Ketiga, struktur dalam (deep structure) yang digunakan dalam makna idiom menghasilkan analisis-analisis mendalam tentang pencarian makna asli dari makna idiom itu sendiri yang masih mengandung arti tersembunyi, sedangkan struktur dalam (deep structure) yang digunakan dalam makna istilah menghasilkan definisi atau arti dari istilah-istilah tertentu yang bersifat jelas dan pasti. Kata Kunci: Diksi, Idiom, Istilah, Semantik, YouTube. ABSTRACT Al Rifa Rahayu Dianthi. USE OF DICTION IN YOUTUBE CONTENT SHERLY ANNAVITA RAHMI. Thesis. Indonesian Language and Literature Education Study Program. STKIP PGRI Pacitan. This study aims to: 1) explain the choice of diction used in Sherly Annavita Rahmi's YouTube content, which includes the choice of diction using Indonesian, English and Arabic in terms of the semantic approach. 2) explaining the diction used to refer to the types of idiom meanings and term meanings. 3) explain the structure of the meaning of speech based on semantic studies of the use of the diction. The method applied in this research is a qualitative descriptive research method. The data source in this research is Sherly Annavita Rahmi's YouTube channel, and the data in this research are in the form of words, sentences, or utterances delivered by Sherly Annavita Rahmi in her YouTube content. The data collection technique used is the listening method followed by several techniques, including: tapping techniques, free engagement speaking techniques, and note taking techniques. The data analysis technique used in this study was the intralingual equivalent method. The technique of exposure to the results of data analysis used is an informal method. This research yielded several findings: first, in Sherly Annavita Rahmi's YouTube content, two dictions were used, namely Indonesian, English and Arabic dictions. Second, the diction found is based on a semantic approach, which refers to the types of idiom meanings and term meanings. The diction that refers to the meaning of idioms is mostly constructed by two word elements, but these two word elements form a new meaning that has nothing to do with the lingual form that builds it. Diction that refers to the meaning of idioms is constructed by several types of words, such as nouns (KB), verbs (KK), adjectives (KS), and adverbs (KKet). While the diction that refers to the meaning of terms, is built based on the types of words that have meaning, equivalent, or other designations, including: marketing means marketing, entrepreneur means businessman, chit-chat means small talk, fauna means the animal world, predator means hunting animal prey, and so on. Third, 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan