DETAIL DOCUMENT
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MENUNGGU BEDUK BERBUNYI KARYA HAMKA: KAJIAN SOIOLOGI SASTRA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DANI, RAHMAT
Subject
PN Literature (General) 
Datestamp
2024-02-01 06:59:59 
Abstract :
ABSTRAK Rahmat Dani. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Menunggu Beduk Berbunyi Karya Hamka: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pacitan. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan karakter. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari novel Menunggu Beduk Berbunyi karya Hamka. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka atau kajian pustaka dengan menggunakan teori-teori yang relevan dengan masalah-masalah penelitian. Adapun teknik analisis data adalah dengan mendeskripsikan data, mencatat hasil data, kemudian menyusun data. Hasil penelitian ini terdapat 14 nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan nilai pendidikan karakter religius lebih dominan yaitu terdapat 11 data di dalamnya. Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, sosiologi sastra. ABSTRACT Rahmat Dani. The Character Education Values in the Novel Menunggu Beduk Berbunyi by Hamka: A Sociology of Literature Study. Thesis. Indonesian Language and Literature Education STKIP PGRI Pacitan. 2023. This study aims to obtain a description of the intrinsic elements and values of character education. This research approach uses descriptive qualitative. The research data source comes from the novel Menunggu Beduk Berbunyi by Hamka. Data collection techniques use literature study or literature review using theories relevant to research problems. The data analysis technique is to describe the data, record the results of the data, then compile the data. The results of this study are 14 values of character education, namely religious values, honesty, tolerance, discipline, hard work, curiosity, national spirit, love of the motherland, respect for achievement, friendship/communication, peace-loving, fondness of reading, social care, and responsibility. answer. The study results show that 11 data indicated that the value of religious character education is more dominant. Keywords: character education, novel, sociology of literature. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan