DETAIL DOCUMENT
PEMEROLEHAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN PUTRA MANDALA II
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
UTAMI, TRIAS FEBI
Subject
PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
Datestamp
2024-02-01 07:08:09 
Abstract :
ABSTRAK Trias Febi Utami. PEMEROLEHAN KOSAKATA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN PUTRA MANDALA II. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pacitan.2023. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsi pemerolehan kosakata pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Putra Mandala II; 2) mendeskripsi faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Putra Mandala II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskrisptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan objek pada anak usia 4-5 tahun, orang tua dan guru. Penelitian ini menggunakan anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain (KB) Putra Mandala II. Teknik penyediaan data menggunakan teknik simak dengan teknik lanjutan I yaitu Teknik Simak Bebas Libat Cakap, lanjutan II teknik rekam, dan teknik lanjutan III yaitu teknik catat dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu: 1) anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain (KB) Putra Mandala II dapat memperoleh kosakata berdasarkan jenis kata, yang meliputi kata benda, kata kerja, kata sifat, kata ganti, kata waktu,kata warna dan kata bilangan; 2) faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain (KB) Putra Mandala II yaitu, faktor lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Kosakata, Anak Usia Dini ABSTRACT Trias Febi Utami. THE VOCABULARY ACQUISTION OF CHILDREN AGED 4-5 YEARS AT KELOMPOK BERMAIN PUTRA MANDALA II. Thesis. Indonesian Language and Literature Education Study Program STKIP PGRI Pacitan.2023. This study aims to: 1) describe vocabulary acquisition in children aged 4-5 years in the Kelompok Bermain Putra Mandala II; 2) describe the factors that influence language acquisition in children aged 4-5 years in the Kelompok Bermain Putra Mandala II. This research is qualitative research with a qualitative descriptive approach. The objects of the study are children aged 4-5 years, parents, and teachers. The research used children aged 4-5 in Kelompok Bermain Putra Mandala II. Collecting data involves observation techniques with uninvolved conversation observation techniques, recording techniques, note-taking techniques,s and interview techniques. The results obtained in this study are: 1) children aged 4-5 years in Kelompok Bermain Putra Mandala II can acquire vocabulary based on part of speech; which include nouns, verbs, adjectives, pronouns, tenses, colors, and number words; 2) factors that influence language acquisition in children aged 4-5 years in the Kelompok Bermain Putra Mandala II are school environment and family environment factors. Keywords: Language Acquisition, Vocabulary, Early Childhood 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan