DETAIL DOCUMENT
SURVEI MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PJOK DALAM KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM INSAN CENDEKIA (SD IIC) PACITAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
NUGRAHA, ADITA JAYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-04 07:21:40 
Abstract :
ABSTRAK ADITA JAYA NUGROHO. SURVEI MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PJOK DALAM KURIKULUM K13 DAN KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM INSAN CENDEKIA (SDIIC) PACITAN. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.2023. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pergantian kurikulum di Indonesia yaitu dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat belajar mata pelajaran pjok dalam kurikulum K13 dan kurikulum merdeka siswa kelas 4 di Sekolah Dasar Islam Insan Cendekia (SDIIC) Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam Insan Cendekia Pacitan yang berjumlah 94 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian, diperoleh data minat belajar pelajaran PJOK siswa kelas 4 pada kurikulum K13 yang masuk dalam kategori minat sangat tinggi sebanyak 6 peserta didik (6%), kategori minat tinggi sebanyak 23 peserta didik (24%), kategori minat sedang sebanyak 39 peserta didik (41%), kategori minat rendah sebanyak 17 peserta didik (18%) dan kategori sangat rendah sebanyak 9 peserta didik (10%). Data minat belajar pelajaran PJOK siswa kelas 4 pada kurikulum merdeka yang masuk dalam kategori minat sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (4%), kategori minat tinggi sebanyak 26 peserta didik (28%), kategori minat sedang sebanyak 35 peserta didik (37%), kategori minat rendah sebanyak 19 peserta didik (20%) dan kategori sangat rendah sebanyak 10 peserta didik (11%). Kata Kunci: Minat, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, PJOK ABSTRACT ADITA JAYA NUGROHO. SURVEY OF LEARNING INTEREST IN CORNER SUBJECTS IN THE K13 CURRICULUM AND INDEPENDENT CURRICULUM OF CLASS 4 STUDENTS AT ISLAM INSAN CENDEKIA ELEMENTARY SCHOOL (SDIIC) PACITAN. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.2023. This research is motivated by a change of curriculum in Indonesia, namely 2013 Curriculum to Independent Curriculum. The purpose of this study was to find out how much interest in learning corner subjects of K13 curriculum and independence curriculum for grade 4 students at the Islamic Insan Cendekia Elementary School (SDIIC) Pacitan. This research was quantitative descriptive. The method used survey method. The subjects of this research were 4th grade students of SD Islam Insan Cendekia Pacitan, totaling 94 students. The instrument used a questionnaire. The analysis technique was descriptive in the form of a percentage. The results of the research showed that 6 students (6%) with very high interest category, 23 students (24%) with high interest category, 39 students (41%) with medium interest category, 17 students (18%) with very low interest category and 9 students (10%) with very low category. The data interest in learning PJOK lessons for grade 4 students to independent curriculum included 4 students (4%) with very high interest category, 26 students (28%) with high interest category, 35 students (37%) with interest category, 19 students (20%) with low interest category and 10 students (11%) with very low category. Keywords: Interest, 2013 Curriculum, Merdeka Curriculum, PJOK 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan