DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI GURU DI KABUPATEN PACITAN MENGENAI PEMBELAJARAN PENJASKES PADA KURIKULUM MERDEKA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
EFENDI, TINO
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2024-02-04 08:09:31 
Abstract :
ABSTRAK Tino Efendi. Persepsi Guru Di Kabupaten Pacitan Mengenai Pembelajaran Penjaskes Pada Kurikulum Merdeka. Skripsi. Pacitan: STIKIP PGRI Pacitan. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap Merdeka Belajar di KKG SD, SMP, SMA Se Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang mana dalam penelitian ini menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di KKG SD, SMP, SMA Se Kabupaten Pacitan yang berjumlah 50 guru. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru PJOK KKG SD, SMP, SMA Se Kabupaten Pacitan terhadap merdeka belajar secara keseluruhan adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 123,96, nilai rata-rata sebesar 123,96 masuk kedalam interval skor skor >119,75 dimana kategori interval tersebut berkategori sangat baik. Secara rinci menunjukkan sebanyak 84% (42 guru) memiliki persepsi sangat baik, 16% (8 orang) memiliki persepsi baik, 0% (0 guru) memiliki persepsi cukup baik, 0% (0 guru) memiliki persepsi tidak baik, 0% (0 guru) memiliki persepsi sangat tidak baik. Kata Kunci: Guru PJOK, Merdeka Belajar, Persepsi ABSTRACT Tino Effendi. Teacher Perceptions in Pacitan Regency Regarding Physical Education Learning in the Independent Curriculum. Thesis. Pacitan: STIKIP PGRI Pacitan. 2023. This study aims to determine the perceptions of Physical Education, Sports, and Health teachers towards Independent Learning in KKG SD, SMP, and SMA throughout the Pacitan Regency. This research is quantitative and descriptive. The method used is a survey. The data collection technique uses a questionnaire in this study using the Google form. The population in this study were all teachers in the KKG SD, SMP, and SMA in Pacitan Regency, totaling 50 teachers. This data analysis technique uses descriptive quantitative analysis, which is presented in the form of percentages. The results showed that the perception of PJOK KKG teachers in SD, SMP, and SMA in Pacitan Regency towards independent learning was very good. This is indicated by an average value of 123.96; an average value of 123.96 is included in the score interval > 119.75, where the interval category is in the very good category. In detail, it shows that 84% (42 teachers) have a very good perception, 16% (8 people) have a good perception, 0% (0 teachers) have a fairly good perception, 0% (0 teachers) have a bad perception, 0% ( 0 teachers) have a very unfavorable perception. Keywords: independent learning, perception, PJOK teacher 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan