DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 4 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
RAHAYU, AGUSTINA PAMUJI
SURYATIN, SURYATIN
PUSPITASARI, INDAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-05 04:08:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dan bagaimana penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% siswa memperoleh skor minat belajar dalam kriteria tinggi dengan batas minimal skor minat belajar sebesar 46,67. Pada Pra Siklus menunjukkan minat belajar dengan kategori rendah yaitu rata-rata skor minat belajar 28,67. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan skor minat belajar dengan kategori cukup yaitu dengan rata-rat skor minat belajar 37,17 dan pada Siklus II skor minat belajar meningkat secara signifikan dengan skor rata-rata minat belajar 51,46 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II 85% siswa memperoleh skor minat belajar ? 46,67. Penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan sesuai dengan rencana, dari respon siswa dalam pembelajaran ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang, merasa tertarik dan fokus memperhatikan guru saat pembelajaran serta siswa terlibat aktif dalam memperagakan boneka tangan di depan kelas dan aktif dalam menjawab ketika guru bertanya. Kata Kunci: Minat Belajar, Bahasa Indonesia, dan Boneka Tangan 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan