DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 HADIWARNO TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
WIBOWO, ANDY
BURHANUDDIN, AFID
ERVIANA, LINA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-05 07:32:59 
Abstract :
Tujuan dari penelittian ini untuk mendeskripsikan tentang Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar, faktor kesulitan belajar yang dialami di SD Negeri 2 Hadiwarno serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan murid kelasIV SD Negeri 2 Hadiwarno. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisi dan akan disimpulkan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: peran yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar di kelas IV SD Negeri 2 Hadiwarno dengan memberi stimulus kepada siswa setiap di awal maupun diakhir pembelajaran, untuk yang ke dua guru sebagai pendorong keberanian siswa, dan yang ke tiga guru menunjukan maanfaat dalam belajar, untuk yang ke empat guru sebagai fasilitor siswa. Dari peranan yang di terapkan tersebut masih ada faktor kesulitan belajar yang dialami oleh siswa seperti kesulitan dalam memahami materi, kepercayaan diri yang rendah, serta kurangnya motivasi belajar siswa.Untuk mengatasi kesulitan belajar guru berupaya dengan cara memotivasi siswa berupa memberi angka , memberi hadiah, memberi pujian selain itu guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di SD Negeri 2 Hadiwarno. Kata Kunci : peran guru, bentuk kesulitan belajar, upaya 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan