DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS RENDAH SD
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
CAHYANI, ANGGITA RIZQI DWI
TISNGATI, URIP
ARDHYANTAMA, VIT
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-05 07:41:49 
Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pop up book materi Pancasila untuk meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasil siswa kelas rendah SD; (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media pop up book materi Pancasila untuk meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila siswa kelas rendah SD; (3) untuk mengetahui tingkat keefektifan media pop up book materi Pancasila untuk meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila siswa kelas rendah SD. Metode penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono (2019) dengan 7 tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Kelayakan produk ini telah melalui tahapan penilaian ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa. Keefektifan produk dapat diketahui dari hasil angket observasi terhadap siswa kelas rendah SD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket respon, angket observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat kevalidan produk dan analisis data uji. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penilaian ahli media V1 memperoleh rerata 4,53 dengan kategori ?Sangat Valid?, penilaian ahli media V2 memperoleh rerata 4,00 dengan kategori ?Valid?, rata-rata penilaian ahli media V1 dan V2 memperoleh penilaian 4,27 dengan kategori ?Sangat Valid?, penilaian ahli materi V3 memperoleh rerata 4,67 dengan kategori ?Sangat Valid?, penilaian ahli materi V4 memperoleh rerata 4,56 dengan kategori ?Sangat Valid?, rata-rata penilaian ahli materi V3 dan V4 memperoleh penilaian 4,61 dengan kategori ?Sangat Valid?, penilaian respon guru memperoleh rerata 100% dengan kategori ?Sangat Layak?, penilaian respon siswa memperoleh rerata 96,8% dengan kategori ?Sangat Layak?; (2) tingkat keefektifan media pop up book untuk meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila memperoleh rerata angket observasi sebelum pengukuran sebesar 48,88 dan rerata angket observasi sesudah pengukuran sebesar 85,38 dengan persentase N-Gain Score sebesar 72% yang bermakna ?Cukup Efektif? Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop Up Book, Karakter, Profil Pelajar Pancasila 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan