DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 3 MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DUA DADU DI SDN 2 JETAK
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
CAHYONO, ARI
AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN
SUGIYONO, SUGIYONO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-08 10:12:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan mengetahui penggunaan media permainan ular tangga dua dadu pada pembelajaran matematika kelas 3 SDN 2 Jetak (2) Mendeskripsikan respon siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga dua dadu pada pembelajaran matematika kelas 3 SDN 2 Jetak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 sedangkan objek penelitiannya adalah Pembelajaran Matematika pada Kelas 3 Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Dua Dadu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumnetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media permainan ular tangga dua dadu dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran matematika. Selain itu, guru tidak kesulitan dalam menggunakan media ini sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan. 2) Hasil rata-rata respon siswa pada kategori materi yaitu sebesar 80% dan hasil terbesar pada aspek tertarik belajar matematika menggunakan media ini sebesar 83%. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa media permainan ular tangga dapat merangsang minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Sedangkan pada kategori media mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 80%. Prosentase tertinggi pada aspek media pembelajaran mudah digunakan dengan nilai prosentase sebesar 91%. Melalui media siswa dapat meningkatkan minat terhadap pelajaran matematika dan pelajaran berbasis media permainan. Kata Kunci: Matematika, Ular Tangga, Respon Siswa 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan