DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING BY GAMES DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PURBIYANTI, ARNUM
MUSTOFA, ARIF
SURYATIN, SURYATIN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-08 10:22:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Sempu. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran learning by gamesdalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu berjalan dengan baik. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning by games diawali dengan penyampaian materi menggunakan role playing dan diakhiri dengan pemahaman siswa menggunakan Teka-teki Silang. Penggunaan model pembelajaran learning by games menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup, adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa, dan penggunaan model pembelajaran learning by games menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Kata Kunci: Pembelajaran IPS SD, Model Pembelajaran, Learning by Games 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan