DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG AKTIF BERMAIN GAME ONLINE DI SD NEGERI BUBAKAN 1
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PUTRI, DINDA AURELIA
PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA
BURHANUDDIN, AFID
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 06:31:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa yang aktif bermain game online, 2) Mengetahui peran orang tua siswa saat berada dalam lingkungan keluarga, dan, 3) Mengetahui peran guru saat siswa berada di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penetian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis data dalam penelitian ini diuraikan dengan menggunakan kata-kata biasa. Hasil dari penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. 1) Motivasi belajar siswa yang aktif bermain game online menyimpulkan bahwa anak yang bermain game online mempunyai sikap, perilaku dan motivasi belajar yang berbeda bila dibandingkan saat anak belum mengenal game online, 2) Peran orang tua sangat dibutuhkan ketika siswa berada dalam lingkungan keluarga, karena orang tua merupakan peran pertama atau peran penting dalam menumbuhan motivasi belajar siswa saat siswa didalam lingkungan keluarga, 3) Peran guru dilingkungan sekolah juga sangat dibutuhkan karena guru merupakan orang tua kedua ketika berada dilingkungan sekolah, guru harus siap memantau perkembangan motivasi belajar anak didiknya ketika siswa berada dilingkungan sekolah. Kata Kunci: Game Online, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan