DETAIL DOCUMENT
ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
NDRIASTUTI, FATIN
SUGIYONO, SUGIYONO
SURYATIN, SURYATIN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 07:48:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Ngadirejan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru wali kelas IV dan 26 siswa yang melaksanakan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara siswa dan wawancara guru. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknis analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPAS kelas IV sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Jigsaw yang benar, dalam pelaksanaan model Jigsaw guru menyiapkan modul ajar dan buku siswa sebagai perangkat pembelajaran. Setiap siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Masing-masing kelompok berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan. Mereka sangat aktif dalam bertanya tentang materi khususnya pada materi tari tradisional dan alat musik tradisional. 2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS, dari 26 siswa 53% masuk kategori sangat baik, 38% masuk kategori baik, dan 15% masuk kategori cukup. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS, Jigsaw 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan