DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA AKALIMATIKA UNTUK MEMPERKUAT KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SDN 2 HADIWARNO
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
FREIDA, FETTY
SURYATIN, SURYATIN
AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 08:01:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media akalimatika; 2) mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika dapat memperkuat konsep perkalian siswa kelas II di SDN 2 Hadiwarno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Hadiwarno. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika meliputi penyampaian petunjuk penggunaan media akalimatika, penjelasan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, dan pemberian kesempatan siswa mengoperasikan media akalimatika. Proses belajar mengajar terjadi secara dua arah antara guru dan siswa. 2) pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika dapat memperkuat pemahaman konsep perkalian siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa di atas 70 melampaui batas KKM. Semua siswa telah memenuhi indikator pemahaman konsep matematis yang meliputi menterjemahkan gambar dalam bentuk angka dan menuliskan dalam bentuk perkalian, memberikan pernyataan dan menjelaskan konsep perkalian dengan benar, serta memberi pernyataan benar atau salah sesuai konsep perkalian. Sedangkan dua siswa pada indikator menyatakan ulang konsep perkalian masih perlu bimbingan. Kata kunci: Media pembelajaran, Media akalimatika, Konsep perkalian 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan