DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN PONGGOK TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
WIBOWO, FREDDY PRASETYO
AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN
SUGIYONO, SUGIYONO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 08:08:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan membaca siswa kelas SDN Ponggok tahun pelajaran 2022/2023. Secara khusus untuk mengetahui bentuk kesulitan membaca siswa dan faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 13 siswa kelas V SDN Ponggok dan 3 Guru di SDN Ponggok. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan tes siswa. Hasil analisis menyimpulkan bahwa: 1) bentuk kesulitan membaca yang teridentifikasi dalam penelitian ini adalah memori visual dan auditorial yang miskin,kelemahanmemorijangkapendekdanjangkapanjang,kesulitanmengingat hari dalam satu minggu dan waktu, kesulitan membedakan kiri dan kanan, kurang koordinasi dan keseimbangan, sulit mengeja kata dan huruf, kurang bisa membacasimbol bunyi, serta lemahnya kemampuan berpikir konseptual.2) sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca yaitu: faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, faktor psikologis, faktor penyelenggaraan, pendidikan yang kurang tepat, keadaan keluarga, dan keadaansekolah Kata Kunci: membaca, kesulitan membaca 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan