DETAIL DOCUMENT
PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
AFIFAH, JIHAN
SURYATIN, SURYATIN
AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 08:58:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: (1) penggunaan media pembelajaran monopoli matematika pada materi kecepatan dan debit di SDN 2 Hadiwarno; (2) motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Hadiwarno setelah menggunakan media pembelajaran monopoli matematika; (3) peran media pembelajaran monopoli matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Hadiwarno. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa dan seorang guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media monopoli matematika dengan cara membagi siswa dalam kelompok permainan dimana siswa menjalankan permainan secara bergantian, kemudian setiap siswa diwajibkan menjawab soal yang ada pada kartu yang didapatkannya, media ini mendapatkan respon yang baik dan positif dari siswa; (2) motivasi belajar siswa setelah menggunakan media monopoli matematika bertambah ditandai dengan semangat, kemandirian, rasa ingin tahu, dan tekad untuk mengatasi kesulitan yang lebih baik daripada sebelum menggunakan media; (3) peran media monopoli matematika di dalam pembelajaran bersifat positif yaitu menambah motivasi belajar siswa dengan menarik atensi siswa yang membuatnya terfokus mengikuti pembelajaran dan melibatkan siswa berpartisipasi aktif saat pembelajaran. Kata Kunci: Monopoli Matematika, Pembelajaran, Motivasi, Peran 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan