DETAIL DOCUMENT
ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
FINUNDI, LUHUR
ARDHYANTAMA, VIT
WIDOYOKO, RIZA DWI TYAS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 09:26:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gaya belajar yang dominan digunakan masing-masing siswa berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri 1 Mantren 2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi 3) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 5 siswa berprestasi kelas IV di SD Negeri 1 Mantren. Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu: 1) gaya belajar yang dominan digunakan oleh masing-masing siswa berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Mantren yaitu sebanyak 2 siswa berinisial AN dan ZD dominan ke gaya belajar visual, sebanyak 2 siswa berinisial RC dan LA dominan ke gaya belajar audiotory dan 1 siswa berinisial MJ dominan ke gaya belajar kinestetik 2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa yaitu faktor internal meliputi kondisi fisik dan sosiologis siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar, dukungan sosial, metode pengajaran, dan sumber belajar yang tersedia 3) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa yaitu dapat membantu siswa untuk lebih efektif menyerap dan memahami materi pelajaran dengan cara yang sesuai dengan preferensi siswa. Meskipun terdapat beragam gaya belajar tidak akan menjadi permasalahan terhadap prestasi siswa karena semua gaya belajar sama. Kata kunci: Gaya belajar, Berprestasi, Bahasa Indonesia 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan