DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KERTAS SEBAGAI MEDIA MINAT BACA KELAS II SDN BANGUNSARI
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
WULANDARI, NINDI SEPTI
ARDHYANTAMA, VIT
SUTOPO, BAKTI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 13:25:23 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan: (1) prosedur pengembangan media wayang kertas sebagai media minat baca kelas II SDN Bangunsari, (2) kelayakan media Wayang Kertas pada materi cerita fabel siswa kelas II, dan (3) respon siswa serta guru kelas II terhadap pengembangan media pembelajaran Wayang Kertas pada materi cerita fabel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kevalidan produk dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Wayang Kertas dikembangkan dengan model dengan uji coba dan validasi ahli; (2) Penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4 ?Valid?. Ahli materi menyatakan bahwa kualitas produk yang dilihat dari aspek kualitas materi pembelajaran dianggap ?Valid?. Penilaian ahli media dengan rata-rata skor 3,7 ?Valid?. Ahli media menyatakan aspek fisik, visual, dan ketertarikan dinyatakan ?valid?. Penilaian ahli Bahasa dengan rata-rata skor 3,75 ?Valid?. Ahli Bahasa menyatakan bahwa dari tiga aspek yang dinilai memperoleh penilaian baik?valid?(3). Kesimpulannya media wayang kertas dinyatakan ?Sangat baik? dan memenuhi kriteria kelayakan. Berdasarkan uji respon siswa dan guru, diperoleh angket respon guru sebesar 93,33% dengan kriteria?sangat baik? dintinjau dari segi manfaatnya. Sedangkan hasil angket respon siswa sebesar 96,67% dengan kriteria ?sangat baik? ditinjau dari minat baca siswa. Kata Kunci: media, wayang kertas, minat baca 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan