DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DEWI, RULYNDA TIARA
ARDHYANTAMA, VIT
KHALAWI, HASAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-10 23:57:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik sekolah dasar (2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penilitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Profil Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik kelas IV B di SD Negeri 2 Baleharjo dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari kegiatan pembelajaran, pembiasaan, ekstrakurikuler, dan kokurikuler yang menjadikan siswa memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.(2) Faktor pendukung pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik SD Negeri 2 Baleharjo adalah sarana dan prasarana yang baik, terdapat tenaga pengajar yang mengikuti program guru penggerak dan kondisi lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan guru dalam menyusun RPP, keterbatasan guru dalam menggunakan media IT serta sumber belajar yang bervariasi, dan menurunya minat belajar siswa, Kata Kunci : Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan