DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS V SD NEGERI 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
ANISAH, SITI
ERVIANA, LINA
PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-11 10:11:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran IPA, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran IPA, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis data Miles dan Hubermen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Make A Match. Penggunaan model pembelajaran Make A Match membuat siswa lebih aktif bertanya, berpendapat, saling bertukar informasi dengan teman yang lain dan dapat memcahkan persoalan masalah yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran Make A Match dengan bantuan media kartu mampu menarik perhatian dan semangat siswa sehingga pembelajaran tidak merasa bosan. Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Make A Match, IPA 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan