DETAIL DOCUMENT
INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI PACITAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
IRIANTI, TIFFANI APRILIA
ARDHYANTAMA, VIT
PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-11 10:34:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus; (2) faktor yang pendukung perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Sirnoboyo 2; (3) faktor penghambat perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Sirnoboyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah siswa berkebutuhan khusus pada kelas VI SDN Sirnoboyo 2. Objek penelitiannya merupakan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus dengan warga sekolah di SDN Sirnoboyo 2. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari keempat siswa berkebutuhan khusus pada kelas VI didapati hasil bahwa mereka memiliki interaksi sosial yang berbeda, Subjek 1 lebih suka berinteraksi sosial dengan cara komunikasi sedangkan Subjek 2 dan Subjek 4 lebih suka berinteraksi sosial dengan cara kontak sosial. (2) faktor yang mendukung perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus adalah faktor motivasi, imitasi, identifikasi, sugesti, dan simpati. (3) faktor yang menghambat perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan