DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN SELF-ESTEEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DAMAYANTI, DAMAYANTI
HIDAYAT, TAUFIK
MEIFIANI, NELY INDRA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-12 02:00:41 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) untuk mengetahui pengaruh self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 3) untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial dan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Variabel yang digunakan adalah keterampilan sosial, self-esteem, dan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N Kebonagung yang berjumlah 254 orang, sedangkan sampel yang diambil minimal sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket keterampilan sosial, instrumen angket self-esteem, serta instrumen tes komunikasi matematis. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 44,3% dengan sifat pengaruhnya positif pada level kuat, 2) Terdapat pengaruh self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 47,6% dengan sifat pengaruhnya positif pada level kuat, 3) Terdapat pengaruh keterampilan sosial dan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesaar 70,2% dengan sifat pengaruhnya positif pada level sangat kuat. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Self-Esteem, Komunikasi Matematis. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan