DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI PRINGKUKU
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
HANGGOROKASIH, GEMA BAGUS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-22 03:44:07 
Abstract :
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh self concept matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) Pengaruh self concept matematis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri pringkuku. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Variabel yang digunakan adalag self concept matematis, kecerdasan emosional, dan hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Pringkuku. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket self concept matematis, angket kecerdasan emosional dan instrumen tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Pengaruh self concept matematis terhadap hasil belajar siswa sebesar 7,6% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 6,6% dengan sifat pengarunya positif pada level rendah. 3) Pengaruh self concept matematis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 12,9% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. Kata Kunci: Self Concept Matematis, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan