DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gugus 01 Di Kecamatan Kebonagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
NISA, JAZIATUN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-04-11 01:51:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa; (2) korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar siswa; (3) korelasi antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus 01 di Kecamatan Kebonagung tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik korelasi dengan bantuan SPSS 16.0 setelah dilakukan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif antara kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Kebonagung Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan hasil (X1) dan hasil belajar siswa (Y) adalah rhitung > rtabel atau 0,399 > 0,361, (2) terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Kebonagung tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan hasil kemampuan komunikasi matematika (X2) dengan hasil belajar siswa (Y) yang menunjukkan rhitung > rtabel atau 0,368 > 0,36, dan (3) terdapat korelasi positif antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan hasil Fhitung > Ftabel (4,372 > 3,34) maka variabel kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis berpengaruh terhadap hasil belajar. This study aims to determine: (1) the correlation between self-confidence and student?s learning outcomes; (2) the correlation between mathematical communication skills and student?s learning outcomes; (3) the correlation between self-confidence and mathematical communication skills with student?s learning outcomes. This type of research was quantitative. The population in this study were students of class V SD Negeri Gugus 01 in Kebonagung District for the 2019/2020 academic year. The sample was selected by proportional random sampling technique, amounting to 30 respondents. Data collection was carried out using documentation, questionnaires, and tests. Data analysis used correlation techniques with the help of SPSS 16.0 after testing the prerequisite analysis and hypothesis testing. The results showed that: (1) there was a positive correlation between self-confidence and learning outcomes of grade V SD Negeri Gugus 01, Kebonagung Sub District, Academic Year 2019/2020 based on results (X1) and student learning outcomes (Y) is rcount> rtable or 0.399> 0.361, (2) there was a positive correlation between mathematical communication skills and the learning outcomes of class V SD Negeri Gugus 01, Kebonagung Sub District, 2019/2020 academic year based on the results of mathematics communication skills (X2) with student learning outcomes (Y) which shows rcount> rtable or 0.368> 0.36, and (3) there was a positive correlation between self-confidence and mathematical communication skills with student learning outcomes. Furthermore, based on the results of Fcount> Ftable (4.372> 3.34), the variables of self-confidence and mathematical communication skills have an effect on learning outcomes. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan