DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PROSES BERPIKIR BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS SISWA SMKN 1 NAWANGAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SUNARTI, SUNARTI
HIDAYAT, TAUFIK
SUSANTO, HARI PURNOMO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-02-12 03:56:40 
Abstract :
Proses berpikir merupakan suatu kegiatan yang mempunyai peran penting dalam menyelesaikan masalah salah satunya pada matematika. Proses berpikir dapat mempengaruhi hasil pemecahan masalah, Untuk mengetahui hal tersebut dapat menggunakan soal terbuka atau open ended. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan tahapan Wallas pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tulis dan juga wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu triangulasi Teknik berdasarkan Milles dan Huberman. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa kelas X Akutansi keuangan Lembaga (AKL) SMKN 1 Nawangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan berpikir Wallas terdapat lebih dari 70% subjek sudah mampu melakukan tahapan persiapan dan tahapan inkubasi, akan tetapi pada tahapan iluminasi dan verifikasi terdapat 48% subjek dapat melakukan akan tetapi kurang tepat sehingga mempengaruhi hasil penyelesaianya. Sehingga dapat simpulkan bahwa pada proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan Wallas pada tahapan iluminasi dan verifikasi banyak subjek yang belum mampu melakukannya dengan tepat. Kata kunci : Proses berpikir, Soal Open ended, teori Wallas 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan