DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA SDN 1 PLOSO TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SUSENO, ABY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-09-02 06:13:02 
Abstract :
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA SDN 1 PLOSO TAHUN AJARAN 2019/2020 Aby Suseno1, Urip Tisngati2, Vit Ardhyantama3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Pacitan Email: abysuseno1@gmail.com1, ifedeoer@gmail.com2, vit.10276@gmail.com3 Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan LKS berbasis lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan menulis; (2) tingkat efektifitas pengembangan LKS berbasis lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan menulis; (3) hasil pengembangan LKS berbasis lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan menulis. Jenis penelitian ini research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D S. Thiagarajan (1974). Langkah-langkah yang ditempuh meliputi (a) pendefinisian, (b) perancangan, (c) pengembangan dan, (d) penyebaran. Produk diuji cobakan kepada 4 siswa kelas IV sekolah dasar dalam uji coba kelompok kecil. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan respon siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, tes portofolio, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja siswa berbasis lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan menulis telah dikembangkan dengan model pengembangan 4D dengan uji coba dan validasi ahli; (2) media dinyatakan efektif berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai ≥75 yakni sebesar 85%; (3) penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,14 “Valid”, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,00 “Valid”, penilaian ahli pembelajaran dengan rata-rata 4,18 “Valid”, dan penilaian siswa dalam uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 4,57 “Sangat Valid”. Kata Kunci: LKS, lingkungan hidup, dan keterampilan menulis. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan