DETAIL DOCUMENT
Analisis Penyebab Dan Strategi Guru Kelas Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Kendal
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
HANDAYANI, DIAN PURBA PUTRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-10-05 06:49:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca siswa dan strategi guru kelas yang dilakukan untuk melihat dari beberapa aspek yang menyebabkan kesulitan membaca siswa dan utuk mengetahui strategi guru untuk mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa kelas II SD Negeri Kendal. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunkana pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas II, dan siswa ?siswi kelas II. Metode dari pengumpulan datanya yaitu diperoleh dari observasi,dokumentasi,wawancara,dan tes membaca. Teknk analisis data menggunakan bantuan teori induksi,dan teori reduksi. Hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa : 1) Kesulitan membaca yang dialami pada aspek mengenal huruf yaitu kesulitan membedakan huruf, merangkai suusunan huruf, kesulitan mengidentifikasi huruf. 2) Kesulitan siswa dalam membaca yaitu kesulitan merangkai kata, mengucapkan kata, mengubah dan mengganti kata. 3) Salah satu penyebab kesulitan membaca siswa yaitu sulitnya berkosentrasi ketika mendengarkan. Selain itu, anak kesulitan dalam menangkap informasi atau pesan yang didengar karena tidak mampu memahami struktur kalimat. Kata Kunci: Kesulitan memabaca, strategi guru, siswa 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan