DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN KAHOOT! SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 GIRITONTRO
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DARMAWAN, RUDY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-03 03:04:40 
Abstract :
Pendidikan memegang peran penting dalam pembentukan dan pengembangan potensi siswa. SMK Negeri 1 Giritontro dengan salah satu kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sebagai salah satu penyelenggara pendidikan, berperan sebagai pembentuk kesiapan siswa terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Melalui tahapan observasi yang dilakukan, ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ 1 sehingga dinilai penting dilakukan suatu penelitian yang akan mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan Media Pembelajaran Kahoot! dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Giritontro. Melalui rangkaian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara partisipastif dan kolaboratif, ditemukan bahwa penggunaan media tersebut dapat meningkatkan pemahaman. Pada pra siklus persentase pemahaman sebesar 42,86%, siklus I sebesar 67,86% dan pada siklus II persentase pemahaman meningkat menjadi 87,14%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan nilai persentase ketuntasan. Pada pra siklus sebesar 35%, siklus I sebesar 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85%. Kata kunci : Kahoot!, Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan