DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI JATIMALANG KECAMATAN ARJOSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SOBIRIN, UMAR AHMAD
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-28 02:39:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kecerdasan emosional pada siswa khusunya di kelas IV SD Negeri jatimalang; (2) pemahaman emosi pada siswa pada saat pembelajaran baik di sekolah maupun dirumah pada saat kondisi pandemic; (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa khususnya kelas IV SD Negeri jatimalang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif subjek penelitiannya adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan Milles dan Hubermaan. Hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri jatimalang. Guru melaksanakan pembelajaran dengan aspek-aspek meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Guru juga melaksanakan pembelajaran mencakup tahapan scientific sesuai dengan prinsip-prinsip yang di tekankan pada kurikulum K13. Dari hasil peneliti, tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas IV SD Negeri jatimalang berada pada kategori sedang dapat dilihat dari observasi dan wawancara mayoritas siswa-siswi kelas IV mampu mengelola emosi dan mengendalikan diri, dari tingkat prestasi belajar hal ini mengandung implikasi bahwa siswa yang mampu memiliki kemapuan pemahaman emosi diri yang cepat tidak lepas dari proses guru yang dapat mengubah pribadi siswa menjadi lebih baik dan berpengaruh dalam prestasi belajar. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan