DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE DI SDN I SUDIMORO
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SEPTIKA, YUANITA TRY
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-28 03:09:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan metode scramble di kelas I, (2) Kesulitan yang dialami selama pelaksaan pembelajaran tematik menggunakan metode scramble, (3) kelebihan dan kelemahan metode scramble terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan 3 subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa kelas I A SDN I Sudimoro berasarkan tingkat prestasi siswa tinggi, sedang, rendah. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, tes. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Dilanjutkan analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman meliputi reduksi data data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan metode membaca permulaan scramble memberi dampak positif bagi siswa, (2) siswa kesulitan dalam memahami makna sebuah kata, siswa kurang percaya diri dan sulit membedakan huruf konsonan yang mirip, (3) kelebihan metode scramble siswa lebih bersemangat dan antusias dalam belajar. Kelemahan metode scramble yaitu siswa menjadi kurang kreatif karena kata-kata yang diacak sudah disediakan oleh guru Kata Kunci: Siswa, Membaca Permulaan, Metode Scramble, Tematik 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan