DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 2 NAWANGAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SULISTIAJI, YUDI
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-28 03:14:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT); (2) keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Nawangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif. Subjek yang dipilih secara purposive dan snowball sampling pada siswa kelas IV SDN 2 Nawangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, dilanjutkan analisis data menggunakan model Sugiyono meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan model Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru. Hanya saja terdapat sedikit kendala yang ditemukan pada proses pembelajaran, yaitu beberapa siswa masih kesulitan dalam menjelaskan materi kembali, memberi tanggapan dan menjawab pertanyaan. Pada keterampilan berbicara nilai yang diperoleh dari ke-6 siswa mendapatkan rata-rata 78,6 sedangkan KKM yang harus dicapai yaitu 76. Penerapan model Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat mengatasi permasalahan yang terdapat pada keterampilan berbicara siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif NHT, number head together (NHT), keterampilan berbicara siswa SD 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan