DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD N 1 SIRNOBOYO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
FIRDAUS, ILHAM CAHYO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-09-14 05:20:23 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui frekuensi penggunaan gadget siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo, 2) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo pengguna gadget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penggunaan gadget, angket kecerdasan emosional, wawancara, observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dilanjutkan dengan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, validitas dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan gadget siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo menghasilkan tiga frekuensi, yaitu frekuensi tinggi, frekuensi sedang, dan frekuensi rendah. 2) Penggunaan gadget frekuensi tinggi memiliki kecerdasan emosional sedang. Penggunaan gadget kategori sedang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Penggunaan gadget frekuensi rendah memiliki kecerdasan emosional sedang. Kata Kunci: gadget, kecerdasan emosional, siswa 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan