Abstract :
ABSTRAK
Rista Wahyuningtyas Pratiwi. Penyelenggaraan Program Sekolah Bebas Plastik di
SD Negeri 1 Ploso Pacitan Untuk Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan dan
Disiplin Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) strategi yang digunakan sekolah
dalam pelaksanaan program sekolah bebas plastik, 2) mengetahui karakter peduli
lingkungan siswa SDN 1 Ploso Pacitan setelah diterapkannya program sekolah bebas
plastik, 3) mengetahui karakter disiplin siswa SDN 1 Ploso Pacitan sebagai implikasi
pelaksanaan program sekolah bebas plastik.Penelitian ini menerapkan penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 62
siswa. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi dan wawancara.
Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi atau menyimpulkan data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa:1) strategi yang digunakan dalam pelaksanaan program sekolah
bebas plastik antara lain a) sosialisasi yang diberikan kepala sekolah setiap hari senin,
b) sosialisasi oleh anggota pokja kantin, c) ulasan kembali guru kelas tentang sosialisasi
yang diberikan kepala sekolah, d) membuat slogan-slogan, e) menyediakan 3 jenis tong
sampah, dan f) pemberian sanksi kepada yang melanggar; 2) karakter peduli
lingkungan pada siswa SDN 1 ploso Pacitan termasuk dalam kategori baik. Terbukti
dengan terlaksananya kegiatan pembiasaan yang meliputi kegiatan spontan dan
kegiatan rutin; dan 3) karakter disiplin pada siswa SDN 1 Ploso Pacitan sebagai
implikasi program sekolah bebas plastik termasuk juga kedalam kategori baik.
Dibuktikan dengan terlaksananya kegiatan pembiasaan berupa kegiatan spontan,
kegiatan rutin, keteladanan dan budaya sekolah.
KataKunci:SDN 1 Ploso Pacitan, Karakter, Peduli Lingkungan, Disiplin.
ABSTRACT
Rista Wahyuningtyas Pratiwi. The Implementation of Plastic Free School Program in
SD Negeri 1 Ploso Pacitan to Strengthen The Environmental Care and Discipline
Characterof Elementary School Students
This study aims to find out: 1) the strategies used by schools in implementing
plastic-free school programs, 2) learning the character of environmental care for
students of plastic-free school programs, and 3) to know the discipline character of SD
Negeri 1 Ploso Pacitan students as the implementation of a plastic-free school
program. This research used a descriptive qualitative research methodology. The
research subjects were 62 students from VA and VB grade?s. Data collection methods
obtained observation and interviews. The validity of the data in this study source and
technique triangulation. Data analysis techniques the Miles and Huberman models that
contains reduction data, presentation data, and verification or data taken. The results
shows that: 1) the strategies used in the implementation of the plastic-free school program included: a) socialization give by the principal every Monday, b) socialization
by canteen working group members, c) reviewing classroom teachers about the
socialization given by the school principal, d) making slogans, e) providing 3 types of
trash cans, and f) sanctions against those who deny; 2) environmental care character
for students at SD Negeri 1 Ploso Pacitan are included in both categories evidenced by
the implementation of habitual activities that include spontaneous sctivities and routine
activities; and 3) the character of discipline in students at SD Negeri 1 Ploso Pacitan
as a program to implement plastic-free schools is also a good category, evidenced by
the implementation of habitual activities, examplary and school culture.
Keywords: SD Negeri 1 Ploso Pacitan, Character, Environmental Care, Discipline.