DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA BAGI SISWA TUNALARAS KELAS IV DI SD NEGERI BANJARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
AMBARSARI, RIZKI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-09-06 02:07:35 
Abstract :
Abstrak Keterampilan menulis siswa tunalaras di SD Negeri Banjarjo kelas IV rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa tunalaras di SD Negeri Banjarjo menggunakan media ular tangga pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banjarjo Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 1 orang berjenis kelamin laki-laki. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa:1) pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa tunalaras harus menggunakan perlakuan khusus 2) penggunaan media ular tangga pada proses pembelajaran memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa tunalaras meskipun hanya sedikit 3) setelah penggunaan media ular tangga siswa mau menulis tetapi hanya beberapa dan lebih antusias untuk menyuarakan pendapatnya. Kata Kunci: Siswa Tunalaras, Media, Keterampilan Menulis. Abstract. The writing skills of tunalaras students in Banjarjo state elementary school is low. This study aims to know the writing skills of disabilities students in Banjarjo Elementary School using snakes and ladders media in the learning process. This research is a qualitative research with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were fourth grade students of Banjarjo Elementary School in 2019/2020 Academic Year with a total of 1 male sex. Taking the subject using purposive sampling technique. Data collection methods obtained from observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the data analysis concluded that: 1) the teacher's learning of students with disabilities must use special treatment 2) the use of snake ladder media in the learning process had a positive effect on students with disabilities even though only a little 3) after the use of media of snakes and ladders students wanted to write but only some and more enthusiastic to voice their opinions Keywords: Student of Tunalaras, Media, Skill Write. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan