DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN BANJARJO DITINJAU DARI KECEMASAN DIRI
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PINILIH, HAYU SETYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-09-14 09:49:00 
Abstract :
ABSTRAK Hayu Setya Pinilih. Analisis Keaktifan Siswa Kelas V SDN Banjarjo Ditinjau Dari Kecemasan Diri. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui profil kecemasan diri siswa kelas V SDN Banjarjo; (2) Keaktifan siswa kelas V SDN Banjarjo berdasarkan tingkat kecemasan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banjarjo. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecemasan diri siswa tinggi sehingga menimbulkan ketidakmampuan siswa dalam beradaptasi pada pembelajaran; 2) Keaktifan siswa di kelas V SDN Banjarjo rendah yang dibuktikan tidak ada aktivitas siswa yang sesuai dengan kriteria keaktifan. Semakin tinggi kecemasan siswa akan menurunkan keaktifan siswa, dan sebaliknya jika kecemasan diri rendah maka akan meningkatkan keaktifan siswa. Kata Kunci: Keaktifan Siswa, kecemasan Diri Siswa. ABSTRACT Hayu Setya Pinilih. Analysis of Class V Student Activity at SDN Banjarjo in terms of Self Anxiety. Essay. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 This study aims to determine: (1) The self-anxiety profile of fifth grade students in SDN Banjarjo; (2) The activeness of the fifth grade students of SDN Banjarjo based on the level of anxiety this research applied qualitative descriptive method. The data collection techniques used observation, interviews, questionnaires, and documentation. The subjects in this study were fifth grade students of SDN Banjarjo. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: 1) the students 'self-anxiety was high, causing the students' inability to adapt to learning; 2) The activity of students in class V SDN Banjarjo is still low as evidenced by the absence of student activity that matches the criteria of activeness. The higher the student's self-anxiety will reduce the student's activity, and vice versa if the self-anxiety is low it will increase the student's activity. Keywords:Student activity, student self-anxiety 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan