DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABAR (MEDIA ANIMASI BANGUN DATAR) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
ANDREANSYAH, ARYA
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-14 13:25:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran MABAR pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas IV sekolah dasar; dan (2) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran MABAR pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D S. Thiagarajan (1974). Langkah-langkah yang ditempuh meliputi (a) pendefinisian, (b) perancangan, (c) pengembangan dan, (d) penyebaran. Produk diuji cobakan kepada 5 siswa kelas IV sekolah dasar dalam uji coba kelompok kecil. Hasil pengembangan media didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan respon siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran MABAR (Media Animasi Bangun Datar) telah dikembangkan dengan model pengembangan 4D dengan uji coba dan validasi ahli; (2) hasil pengembangan media dapat dilihat berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar siswa yang mencapai >75% yakni sebesar 100%, penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,20 ?Valid?, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,54 ?Sangat Valid?, penilaian ahli pembelajaran dengan ratarata 4,20 ?Valid?, dan penilaian siswa dalam uji coba kelompok kecil dengan ratarata 4,60 ?Sangat Valid?. Kata Kunci: Media pembelajaran, MABAR, Bangun datar, Matematika 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan