DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PUNJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
HIDAYAH, SYAIFUL NUR
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-14 13:03:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui penggunaan model Picture And Picture di kelas V SD Negeri 1 Punjung; (2) mengetahui minat belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture And Picture di kelas V SD Negeri 1 Punjung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada semeter genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Punjung, dengan jumlah siswa 7. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu yaitu observsi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber dilanjutkan analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran picture and picture. (2) dari hasil angket 7 siswa memiliki minat yang tinggi dalam pembelajaran tematik menggunakan model picture and picture. Sebanyak 57,14 % atau 4 siswa masuk karegori sangat baik, sedangkan 14,29 % atau sebanyak 1 siswa masuk kategori baik dan 28,57 % atau 2 siswa masuk kategori sedang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Pembelajaran Tematik dan Minat 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan