DETAIL DOCUMENT
MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN ICE BREAKING DI SDN 1 PRINGKUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
DHINATA, ZOGA MAULAN
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-09-14 13:06:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Pringkuku dalam penggunaan ice breaking pada saat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penerapan ice breaking sebagai peralihan situasi dari yang membosankan, membuat mengantuk, menjenuhkan dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak mengantuk serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran. Oleh karena itu motivasi siswa kelas V SDN 1 Pringkuku dalam belajar meningkat sehingga siswa menjadi berkonsentrasi mengikuti pelajaran, tidak mengobrol sendiri. Penerapan ice breaking sangatlah dibutuhkan, dikarenakan banyak pengaruh yang signifikan dalam perkembangan anak, yaitu meningkatnya motivasi belajar serta menjadikan anak lebih aktif, lebih konsentrasi, dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Ice Breaking, 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan