DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesulitan Belajar Matematika dengan Metode Daring Ditinjau dari Daya Serap Siswa Kelas V SDN 1 Tambakrejo Tahun Pelajaran 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PUSPITASARI, ERIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-11 06:05:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas V SDN 1 Tambakrejo, 2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dengan metode daring kelas V SDN 1 Tambakrejo, 3) daya serap siswa terhadap materi matematika kelas V melalui pembelajaran daring di SDN 1 Tambakrejo. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan 3subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa kelas V SDN 1 Tambakrejo. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Setelah data terkumpul maka dilakukn analisis data yang mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika secara daring dilaksanakan melalui media Whatsapp dan Youtube, sedangkan untuk pengumpulan tugas dilaksanakan dengan tatap muka., 2) faktor penyebab kesulitan belajar matematika secara daring bersumber dari faktor internal yaitu, siswa tidak belajar, siswa kesulitan menghafal rumus, siswa kesulitan menghitung angka yang banyak, siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dan juga siswa tidak memahami maksud soal, 3) daya serap siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring digolongkan menjadi dua yaitu siswa dengan daya serap sedang sebanyak 1 orang dan siswa dengan daya serap rendah sebanyak 18 orang. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Metode Daring, Daya Serap 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan