DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Penggunaan Media Jam Sudut pada Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Mentoro
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
SARI, NOFA PERMATA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-07 03:35:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan dan mengetahui pemanfaatan media pembelajaran jam sudut pada mata pelajaran matematika siswa kelas tinggi, mendeskripsikan dan mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dan mendeskripsikan penggunaan media jam sudut terhadap motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa SDN Mentoro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 13 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara angket, dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Belum adanya penggunaan media jam sudut pada pembelajaran matematika siswa kelas IV, 2) Dalam pengisian angket terdapat siswa dengan dua kategori yaitu kategori tinggi dan rendah. Dapat dikatakan motivasi belajar siswa kelas IV di SD N Mentoro seimbang diantara keduanya, 3) Adapun dua kategori tersebut yaitu sebanyak kurang lebih 91,3% dinyatakan dalam kategori baik dan 8,7% ada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media jam sudut dalam proses belajar menunjukkan hasil yang lebih baik dan efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Media Jam Sudut, Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan