DETAIL DOCUMENT
Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II Di SDN Jatimalang pada Masa Pandemi Covid-19
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
KHAMIDAH, NUR RAHMAWATI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-11 05:39:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua siswa kelas II SDN Jatimalang; (2) dampak pola asuh terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dari bulan Januarai sampai Agustus tahun 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Jatimalang yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 8 orang tua siswa, 4 orang tua siswa memiliki pola asuh demokratis, 1 orang tua siswa memiliki pola asuh otoriter, 3 orang tua siswa memilki pola asuh permisif. (2) Pola asuh demokratis membentuk siswa memiliki sikap mandiri, dapat mengontrol diri dengan baik dapat membentuk kedisiplinan belajar siswa menjadi rajin mengumpulkan tugas, melaksankan perintah guru, disiplin waktu dalam belajar semua dapat dilakukan dengan seimbang. Pola asuh otoriter membentuk sikap siswa menjadi penakut, lebih pendiam, dapat membentuk kedisiplinan belajar siswa yaitu mengikuti nasehat guru, rajin mengumpulkan tugas, melakukan presensi tepat waktu. Pola asuh permisif membentuk sikap siswa menjadi kurang mandiri, mau menangnya sendiri dapat membentuk kedisiplinan belajar siswa menjadi jarang melakukan presensi, tidak mengumpulkan tugas, tidak melaksankan perintah guru, tidak disiplin waktu dalam belajar. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Pandemi covid-19 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan