DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Efikasi Diri
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
PUTRI, RADIANING ANGGITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-01-26 06:27:25 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri tinggi, 2) apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri sedang, 3) apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket secara online dan wawancara secara online serta dokumentasi. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa prodi pendidikan matematika semester II, IV dan VI sebanyak 40 mahasiswa. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, sehingga penelitian yang dilakukan menjadi terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar daring, angket efikasi diri, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan matematika STKIP PGRI Pacitan dengan efikasi diri tinggi mengalami kesulitan belajar pada aspek kesulitan teknis. Kemudian mahasiswa dengan efikasi diri rendah mengalami kesulitan belajar juga pada aspek kesulitan adaptasi mahasiswa dan aspek ketidaksiapan pengajar atau dosen. Sedangkan mahasiswa dengan efikasi diri sedang mengalami kesulitan mahasiswa kesulitan teknis, kesulitan adaptasi mahasiswa dan ketidaksiapan pengajar atau dosen. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Efikasi Diri 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan