DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PACITAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Pacitan
Author
NOVIANTI, LIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-11-10 03:54:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan 2) Pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan 3) Pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 66 siswa. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda serta uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keaktifan belajar pada pembelajaran daring sebesar 46,4% dengan kategori kuat terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar pada pembelajaran daring sebesar 55,9% dengan kategori kuat terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar pada pembelajaran daring sebesar 57,1% dengan kategori kuat terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pacitan. Kata Kunci: Keaktifan, Kemandirian, Hasil Belajar. ABSTRACT This study aims to find out: 1) Significant influence of learning activities in online learning towards mathematics learning outcomes of SMP Negeri 2 Pacitan students 2) Significant influence of learning independence in online learning towards mathematics learning outcomes of students in SMP Negeri 2 Pacitan 3) Significant influence of learning activities and learning independence in online learning towards mathematics learning outcomes of SMP Negeri 2 Pacitan students. This type of research is quantitative. The research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. The population of this study were all grade VII students of SMP Negeri 2 Pacitan, while the sample was grade VII students, consisting of 66 students. The data of research were obtained from questionnaires and documentation. The data analysis technique used hypothesis testing, namely Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression and assumption test consisting of normality test, autocorrelation test, heteroscedasticity test and multicollinearity test. The results of the study showed that: (1) There was a significant positive effect of learning activity in online learning by 46.4% with a strong category towards the mathematics learning outcomes of students of SMP Negeri 2 Pacitan. (2) There was a significant positive effect of learning independence in online learning by 55.9% with a strong category towards the mathematics learning outcomes of SMP Negeri 2 Pacitan students. (3) There was a significant positive effect of learning activity and learning independence in online learning of 57.1% with a strong category towards the mathematics learning outcomes of students of SMP Negeri 2 Pacitan. Keywords: Activeness, Independence, Learning Outcomes. 
Institution Info

STKIP PGRI Pacitan